,

KOPI LIM TRADISIONAL SUMATERA BARAT

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Namun, kopi tidak hanya terkenal diberbagai negara tapi juga sampai terpelosok kedaerah-daerah yang ada didalam sebuah negara. Bahkan hampir setiap daerah memiliki kopi andalan dan cara unik tersendiri untuk menikmatinya. Seperti di Sumatera Barat contohnya, Sumatera Barat khususnya Padang memiliki tradisi kopi yang sangat kuat di masyarakatnya. “Kedai Kopi” atau rumah kopi tradisional tersebar di banyak area di kota Padang. Dan uniknya kedai kopi ini biasanya dijalankan secara turun menurun dari beberapa generasi dan bukan hanya sekedar tempat untuk menikmati kopi dan penganan kecil khas Sumatera Barat, tetapi juga tempat bagi orang untuk berkumpul dan bersosialisasi. Mengingat tradisi kopi di Padang tersebut, Chef Marco Lim membawa salah satu kopi Padang untuk disajikan di Marco Padang Peranakan restaurant.

Marco Padang Peranakan merupakan casual dining restaurant yang berdiri pada Dec 2009 lalu. Dibawah naungan PT. Artisan Kuliner Nusantara, di Grand Indonesia sendiri, Marco Padang Peranakan merupakan outlet ke lima (5) yang secara resmi dibuka pada 21 Desember 2015 lalu. Dengan luas ruangan 223 m2, kapasitas 106 orang dan mengangkat tema daerah Pecinan di kota Padang ini tersedia private room terasa nyaman untuk melakukan meeting, arisan, atau hanya sekedar memanjakan lidah menikmati hidangan otentik dengan resep turun temurun Padang Peranakan. Marco Padang  menyajikan makanan Padang khas Peranakan yang fresh, authentic dan dimasak langsung di open kitchen sesuai dengan pesanan dan juga menyajikan kopi Sumatera yang digunakan dan dengan pengolahan secara tradisional laiknya kopi yang dijual di kedai-kedai kopi di Padang, Kopi Lim.

 

Baca juga >> Bergaya Dengan Kacamata

 

Terdapat dalam empat variant yaitu, Iced-Shaken Kopi , Iced-Shaken Kopi Susu, Kopi Panas, dan Kopi Susu Panas.

Menyajikan Kopi Es Padang di Marco memiliki cerita tersendiri, Chef Marco Lim berfikir bagaimana membawa rasa nostalgia Kopi Padang yang otentik dengan cara yang elegan, maka beliau terinspirasi dari perjalanannya ke Milan beberapa tahun lalu. Disana Chef Marco mengunjungi sebuah kedai kopi lokal yang berderet sepanjang jalan Via de la Spiga dan salah satunya menyajikan kopi dengan cara yang unik yaitu dengan menggunakan gelas wine.

 

Chef Marco terkesan dengan bagaimana kopi disajikan, dan sekarang akhirnya memutuskan untuk menggunakan gelas wine tersebut untuk menyajikan Kopi Es Padang tersebut. “Penggunaan gelas wine ini tidak hanya terlihat elegan, tapi juga  – kita bisa menghirup aroma khas Kopi Sumatera,” jelas Chef Marco Lim“Cara pembuatannya pun unik, alih-alih mengaduk gula encer, saya mengocoknya bersama es (iced-shaken), untuk mendapatkan rasa yang sempurna, serta juga akan mendapatkan busa alami dari kopi”, tambah Chef Marco.