,

Serba Iga di Warung Leko

Dikenal juga sebagai rib, daging iga sapi ini menjadi salah satu dari delapan bagian utama daging sapi yang banyak dikonsumsi masyarakat. Mulai dari sop, asam-asam iga, steak hingga dibuat penyetan iga.

Konon, daging iga mempunyai keistimewaan tersendiri. Karena letaknya, daging iga lumayan cukup lembut. Kreasinya untuk dibuat sebagai hidangan juga sangat beragam. Nah, salah satut empat yang direkomendasikan untuk bisa menikmati lezatnya aneka olah daging iga ini adalah di restoran Leko.

Sejak turun ke bisnis kuliner 2006lalu, Leko memang memfokuskan pada olahan daging iga penyet sebagai spesialisasinya. Ada puluhan menu yang disajikan, sebagian merupakan sajian berbahan dasar daging iga.

“Bisa dibilang kami adalah pelopor penyetan iga. Tapi kami juga memiliki banyak menu selain iga,” kata Jimmy,  general manager Leko. Selama ini, kuliner penyetan memang identic hanya sejumlah lauk saja seperti ikan, ayam atau tahu tempe. Namun pada prinsipnya, semua jenis lauk pauk dapat dikreasikan menjadi penyetan.

Beberapa menu penyetan yang bisadicoba di Leko adalah iga bakar penyet. Seporsi iga bakar penyet adalah dua potong daging iga sapi yang disajikan dalam hot plate. Daging iga sapiny asangat lembut dengan bumbu yang meresap ke daging.

Iga bakar ini sebenarnya bisa ditemani dengan sejumlah sambal pedas yang ada di Leko. Namun, iga bakar hot plate ini sangat cocok ketika ditemani dengan sambal khas Leko yang terdiri dari sambal lengkap dengan potongan bawang merah dan jeruk nipis.

Jika ingin rasa yang lebih kalem, bisa mencoba iga bakar madu. Aroma khas daging bakar dengan rasa manis dari olesan madu membuat iga bakar madu menjadi salah satu menu favorit di restoran ini. Hidangan ini kian segar ketika dipadu dengan sambal campur kandungan tomat yang cukup banyak sehingga rasanya lebih lembut.

Jika ingin yang segar-segar, bisa mencoba asem asem iga. Sepintas rasa yang ditawarkan asem asem iga ini serupa dengan tom yam khas Thailand. Rasa segar yang dominan dari pencampuran tomat sayur dan asam serta potongan daun bawang yang membuat rasanya begitu segar.Soal daging iganya, sudah pasti lembut. Bahkan sepertinya anda tidak perlu mengunyah lagi. Menu iga lain yang wajib dicoba adalah iga cabai ijo. Menu ini dijamin bisa membuat mata anda terbelalak kepedasan. Yakni daging iga sapi yang sudah direbus lama kemudian ditumis dengan aneka bumbu. Sebelum diangkat, iga cabai ijo ini masih ditambah dengan potongan cabai dan bawang merah iris.

Sebenarnya tidak hanya olahan iga saja yang ditawarkan Leko. Ada sejumlah menu lain yang tidak kalah pedas dan menggoda. Misalnya saja gurame bledeg. Istilah bledeg sendiri merupakan bahasa jawa untuk petir. Soal rasa tidak perlu digambarkan lagi. Sajian ikan gurame yang digoreng kemudian disiram dengan bumbu pedas dan potongan cabai.

Sementara untuk cemilan. Ada pilihan tahu telur khas Surabaya yang gurih dengan bumbu kacang dan petis udang yang khas. Bisa juga mencoba cemilan dari sumsum sapi yang digoreng berbalut tepung yang garing. Menikmatinya bisa dengan saus pedas atau sambal khusus Leko.

Tak lengkap sajian kuliner tanpa ditemani minumannya. Leko memiliki pilihan minuman yang sangat variatif. Salah satu yang perlu dicoba adalah es carica yang dicampur dengan nata de coco,cincau serut, dan perasan jeruk nipis. Kesegaran minuman ini akan menenangkan lidah kembali.