,

Cita Rasa Eksotik Menu Thailand

Cita rasa manis, asin, asam, dan pedas adalah ciri khas menuThailand. Ditambah rempah-rempah, menu Thailand terasa semakin eksotik. Inilahsebabnya menu ini terus diburu para pecinta kuliner.

Masakan Thailand juga hampir mirip dengan masakan Indonesiayang lebih banyak pedasnya serta memakai rempah. Jadi, bagi lidah orangIndonesia, sajian rasa eksotis Thailand bisa diterima. Jittlada merupakan salahsatu dari sekian banyak restoran makanan Thailand yang telah berdiri sejak 1998di kawasan Menteng. Kemudian, menyusul beberapa outlet di mal, termasuk di Grand Indonesia, Lantai 3A Skybridge.

Kental dengan ornament Thailand, saat masuk ke restoran,Anda akan menemui patung yang dipajang dinding dan dekorasi yang menggunakannuansa merah marun. Ditambah pintu-pintu besar kaca dengan list kayunya, jugameja kursi dari kayu.

Sajian eksotik akan lebih pas bila dipesan mulai appetizer, main course, sampai dessert.Sebagai pembuka, mango salad  sangat direkomendasikan. Kesegaran manga yangasam dan manis berbaur kuah cuka dan kepedasan yang pas. Ada juga kratong thongyang berisi daging ayam cincang, sayuran dan irisan cabai rawit. Belum lagimenu pembuka spring roll, yang berisiudang serta sayuran.

Seperti menu masakan Thailand yang telah populer, tentu sajatom yum ada di restoran ini. Tom yam kung harus Anda coba, perpaduan rasapedas, asam, dan manis dalam satu jenis makanan ikut menambahkan bumbu rempahdengan tambahan berbagai seafoodberisi udang, cumi, dan jamur. Dengan cuaca panas terik Kota Jakarta ataupunsaat hujan, tom yum kung begitu pas memberi sensasi segar di mulut.

Masuk ke menu utama, yang menjadi favorit adalah ayampandan, yaitu ayam potong yang dibungkus dengan daun pandan. Bungkusan inimembuat ayam terasa harum. Lalu ada pad thai, sejenis kwetiau yang berisiudang, sayuran, dan irisan tahu. Di pinggiran piring terdapat cabai bubuk dabbumbu lain jika rasanya kurang pedas. Adalagi prawn blackpepper, yakni tumisudang lada hitam yang sangat bila terlewat.

Bila masih penasaran dengan menu lain, coba salted egg squid, yaitu cumi yangdimasak dengan kuning telur asin. Warna golddan minyak rahasia khas Jittlada membuat menu ini tampak cantik dipandang.Kemudian, ada three flavours fish, yaituolahan ikan kerapu yang dibumbui sedemikian rupa sehingga tercipta rasa pedas,asam, dan asin menyatu di mulut.

Untuk hidangan penutup, pesan saja mango sticky rice yang merupakan menu favorit di restoran ini.Mangga yang manis dipadu dengan ketan yang gurih cocok menjadi penutup hidanganistimewa kali ini.

Sebaiknya memang jangan makan sendirian, lebih cocokmenyantap berbagai menu ini dengan rekan agar bisa saling mencicip menu. Semuaini dapat Anda nikmati dengan harga kisaran antara Rp 35.000-Rp275.000 untukmakanan dan Rp10.000-Rp40.000 untuk minuman. (Koran SINDO)