,

Melepaskan stres dengan mewarnai

Jika anda melihat jajaran bestseller etalase toko-toko buku saat ini, pasti anda dapat menemukan setidaknya beberapa buku mewarnai untuk orang dewasa. Fenomena terbitnya aneka buku mewarnai untuk orang dewasa ini dimulai pada tahun 2013, ketika Johanna Basford, seorang illustrator berkebangsaan Skotlandia, menerbitkan sebuah buku mewarnai yang rumit dan kompleks berjudul “Secret Garden”. Hingga sekarang, buku tersebut menjadi best-seller internasional, dan telah terjual sebanyak lebih dari enam juta kopi; sebuah penjualan yang fantastis. Di Indonesia sendiri tren tersebut baru hangat sekitar tahun 2015, ditandai dengan munculnya buku-buku tersebut dietalase toko-toko buku ternama. Tak ketinggalan, berbagai publisis dan illustrator asal Indonesia pun turut mengeluarkan buku-buku mewarnai untuk orang dewasa.

Sebenarnya apa yang menyebabkan booming-nya buku mewarnai untuk orang dewasa ini?

Kegiatan mewarnai ternyata dapat melepaskan stress. Beberapa psikolog mengatakan bahwa kegiatan yang sederhana seperti mengikuti dan berkreasi mengikuti garis dapat mengurangi stres, serta meningkatkan fokus dan kreatifitas . Michal Ann Strahilevitz, seorang behavioral economist mengatakan bahwa unsur nostalgia juga berperan terhadap fenomenai ni, dimana mewarnai mengingatkan orang dewasa terhadap masa-masa taman kanak-kanak mereka.

Selain itu, kegiatan mewarnai ini mewadahi kreatifitas seseorang tanpa harus memiliki kemampuan untuk melukis secara keseluruhan; sesuatu yang tentu tidak dimiliki semua orang dan jauh lebih sulit dibanding memilih beberapa warna dan mengikuti garis acuan. Buku mewarnai ini memberikan kesempatan penikmatnya untuk membuat visualisasi yang indah dan unik tanpa harus bisa menggambar.

Maraknya penggunaan social media juga menjadi pemicu lakunya buku-buku ini dipasaran;orang-orang dapat memoto dan membagikan hasil karya mereka di media sosial masing-masing. Tentunya hal ini dapat menjadi suatu kebanggaan sendiri bagi para pengunggahnya, terlebih apabila ada komentar positif atas hasil karya tersebut.

Bagaimana,apakah anda tertarik untuk mencoba melepaskan stres dengan cara mewarnai? Anda bisa mendapatkan aneka jenis buku mewarnai untuk orang dewasa di Gramedia Grand Indonesia, Level 3 East Mall, dan mulai berkarya.

Sumber:

https://www.yahoo.com/beauty/6-coloring-books-adults-can-c1224131922116662/photo-creative-coloring-inspirations-1438265140178.html

http://www.forbes.com/sites/kateharrison/2016/02/02/the-adult-coloring-craze-continues-and-there-is-no-end-in-sight/#bea0b3643b2c