,

Tips Membeli Mainan Diecast

Mengoleksi mainan adalah hobi yang tidak mengenalusia, seiring dengan bertambahnya usia, mainan yang dikoleksi sudah tidak lagidimainkan melainkan dipajang dan untuk beberapa jenis mainan, nilai historisdari koleksi tersebut bahkan bisa dijadikan uang. Seperti diecast misalnya, mainan yang dibuat dengan bahan metal inibentuknya beragam, dan yang paling terkenal adalah diecast berbentuk mobil dengan berbagai skala, dari kecil hinggabesar.

Seri diecastkomersil pertama dibuat oleh LesneyMatchbox seri 1-75 dan seiring dengan perkembangan, banyak produsen diseluruh dunia yang juga membuat Diecast,di antaranya Takara Tomy dari Jepang,dan juga Hot Wheels buatan Mattel dari Amerika Serikat. Sepertisudah disebutkan sebelumnya, seri diecastdari masing-masing produsen memiliki keunikan tersendiri, dan beberapa seridirilis secara terbatas seperti seri-seri mobil balap dengan tahun historis,atau mobil-mobil yang digunakan di film, seri-seri yang bekerja sama denganproduk-produk lain, dan lain-lain. Mengoleksi diecast bisa menjadi investasi, apalagi jika barang-barang yangAnda miliki termasuk ke dalam golongan rareatau langka. Jika Anda berminat untuk mulai mengoleksi, baik untuk sijagoan, atau untuk Anda sendiri, ada beberapa tips untuk membeli diecast terbaik yang siapa tahu di masadepan, dapat menjadi investasi.

  1. Rawat diecast dengan baik

Perawatan adalah hal yang sangat penting namun seringdiabaikan. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga diecast tetap dalam kondisi baik adalahmenyimpannya di suhu ruangan dan dibersihkan dari debu secara rutin. Bagikolektor serius, biasanya mereka membeli alat perawatan atau detailing kit dan alat perawatan itudigunakan dengan rutin sesuai dengan usia dan kondisinya.

  1. Simpan diecast di tempat yang sesuai

Kolektor biasanya menyimpan di display case dan tempat penyimpanan lainnya karena melindungi diecast dari debu. Display case tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat menyimpanbanyak koleksi Anda. Karena melindungi diecastAnda dari debu, perawatan yang dapat Anda lakukan cukup mengelap display case saja.

  1. Pantau berita mengenai harga dan industri diecast

Untuk menekuni hobi diecastAnda dapat memantau harga dari beberapa situs dan publikasi mengenai diecast. Dengan demikian, Anda dapatmencatat koleksi Anda dan memantau harganya setiap bulan. Cara ini dapatmemudahkan Anda untuk mengoleksi sambil berinvestasi diecast.

  1. Ketahui grade-grade kondisi diecast

Kolektor yang mengoleksi mobil-mobil antik dan vintage biasanya menyesuaikanharga-harga diecast yang kondisinyasudah tidak terlalu bagus seperti keluaran tahun 1970-an. Dengan mengenal grade diecast Anda dapat menakar nilaisetiap diecast yang ingin Andakoleksi atau investasikan.

  1. Mulai dengan skala 1/64

Skala diecastsangat beragam, dimulai dari skala besar seperti 1/12 dan 1/18 hingga yangkecil seperti 1/87 dan 1/148. Skala 1/64 adalah yang paling populer dantersedia di pasaran, sehingga bagi pemula, skala 1/64 adalah skala yang palingtepat untuk memulai. Karena ukurannya yang relatif kecil, maka tidak sulituntuk dipajang.

  1. Dibuka atau tidak

Diecast yang masihdalam kemasan dan dengan kondisi kemasan yang masih baik akan bernilai lebihmahal dibanding yang sudah di luar kemasan. Oleh sebab itu, banyak kolektoryang membeli lebih dari satu untuk diecastyang relatif masih baru, yang satu dipajang, dan lainnya disimpan di dalamkemasan.

  1. Beli diecast baru secepatnya

Jika Anda mengincar satu jenis diecast baru, sebaiknya Anda langsung membelinya tanpamempertimbangkan apakah di masa depan akan menjadi barang langka. Produksi diecast biasanya berkurang seiringdengan perkembangan waktu, dan semakin lama akan menjadi semakin mahal seiringdengan menipisnya ketersediaan di pasaran dan di toko-toko ritel besar. Olehsebab itu, jangan buang-buang waktu untuk membeli diecast yang modelnya Anda sukai, dan belilah selagi masih murahdan tersedia di pasaran. Selain itu, membeli dua dengan model yang sama dapatAnda jadikan pancingan untuk ditukar dengan kolektor lain saat sudah mulailangka karena Anda tidak akan kehilangan koleksi Anda dan menukar yang lainnya.

  1. Beli diecast baru saat sedang diskon

Jika ada model yang belum dirilis dan menyediakan potonganharga, Anda dapat membelinya sebelum dirilis ke pasaran, preorder biasanyamenyediakan diecast satu set denganmodel lainnya dan Anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari yangmembeli saat sudah tersedia. Selain itu Anda dapat membeli dalam jumlah yangbanyak atau wholesale dengan hargayang lebih murah.

  1. Tawar menawar saat membeli diecast vintage

Dengan mengetahui harga terbaik dan kondisi dari diecast vintage, Anda dapat menggunakanpengetahuan Anda sebagai patogan harga saat tawar menawar daripada langsungmembeli dengan harga yang ditawarkan penjual.

  1. Belilah diecast yang memang Anda sukai

Untuk pemula, jangan langsung tergiur dengan diecast vintage tapi belilah model yang Anda suka, karena koleksi yang Andamiliki adalah yang Anda nikmati sendiri saat Anda pajang. Jika Anda tidakmenyukai apa yang Anda koleksi, maka sudah tidak sesuai dengan keinginanmengoleksi itu sendiri. Faktor-faktor lain seperti nilainya dalam jangkapanjang atau sebagai pancingan untuk ditukar dengan mobil lain dapat munculsecara tidak disengaja.

  1. Terlibatlah dalam komunitas

Melibatkan diri dalam komunitas diecast berarti Anda mendapatkan pelajaran dan bersosialisasi darikolektor-kolektor lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Selain itu,bergabung dalam komunitas dapat membuka jalan untuk membeli dan saling menukarapa yang Anda miliki dengan mobil lain.

Baik Anda mengoleksi diecast pesawat, mobil, motor, dan lain-lain, yang terpentingadalah Anda menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki dan jangan memaksakankehendak. Untuk memulainya, Anda bisa mendapatkan diecast di Toys Kingdom, Grand Indonesia Mall lantai 5. ToysKingdom menyediakan berbagai jenis diecastmodel terbaik untuk Anda koleksi, siapa tahu bisa menjadi investasi yangmenguntungkan di masa depan, bagi Anda atau si jagoan.

 

Sumber: www.ebay.com/gds/12-Tips-for-Collecting-Diecast-Cars-/10000000177633829/g.html