,

TIPS MAKAN SEHAT

Makan makanan yang sehat dan seimbang merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan tubuh dan dapat membantu Anda merasa lebih baik. Untuk itu perhatikan jenis makanan yang hendak dikonsumsi, agar baik terhadap tubuh.

Berikut ini tips praktis mencakup dasar-dasar makan sehat dan dapat membantu Anda membuat pilihan sehat yang tepat:

1. Dasar makanan Anda pada makanan bertepung

Makanan bertepung harus membuat sekitar sepertiga dari makanan yang anda makan. Makanan bertepung meliputi kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Pilihan makanan variasi gandum karena mengandung lebih banyak serat dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

2. Makan banyak buah dan sayuran

Masih ingat dengan pola 4 sehat 5 sempurna? ini dia alasannya mengapa makan dengan pola tersebut dapat dikatakan sehat. Dan untuk mengonsumsinya, tidak harus dalam bentuk satu buah langsung, melainkan menjadi pelengkap pada sereal anda pun tak masalah.

3. Makan lebih banyak ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Makanlah setidaknya dua porsi dalam seminggu, karena kandungan Omega-3 pada ikan dapat mencegah penyakit jantung. Anda dapat memilihnya dari ikan segar, beku atau pun kalengan.

4. Mengurangi lemak tak jenuh dan gula

Semua orang membutuhkan lemak dalam diet, tapi leih penting lagi untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan. Ada dua jenis lemak : jenuh dan tak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolestrol dalam darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lemak seperti itu banyak ditemui pada makanan seperti keju, kue, biskuit, sosis,krim, mentega, lemak babi.

Kebanyakan orang Inggris makan dan minum terlalu banyak gula. Makanan manis dan minuman termasuk alkohol dapat meningkatkan berat badan sehingga dapat menyebabkan kerusakan gigi terutama ketika dikonsumsi pada malam hari.

5. Makan lebih sedikit garam

Sekitar tiga perempat dari garam yang dibutuhkan tubuh, sudah ada dalam makanan yang kita konsumsi, seperti ketika sarapan, sup, roti, dan saus. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih memungkinkan untuk terkena penyakit jantung atau mengalami stroke.

6. Jangan haus

Kita perlu minum sekitar 1,2 liter cairan setiap hari agar terhindar dari dehidrasi. Hal tersebut dapat diambil dari cariran makanan, namun minuman air, susu, serta juice buah adalah yang paling sehat. Hindari minuman bersoda yang manis karena tidak baik untuk tubuh.

7. Jangan melewatkan sarapan

Beberapa orang sering kali melewatkan sarapan karena mereka pikir itu akan membantunya untuk menurunkan berat badan. Padahal sebaliknya, penelitian menunjukan bahwa sarapan dapat membantu orang mengendalikan berat badan mereka. Sarapan merupakan bagian penting dari diet seimbang dan menyediakan beberapa vitamin dan mineral yang kita butuhkan untuk kesehatan. Gandum sereal, dengan irisan buah diatasnya dapat menjadi sarapan yang lezat dan bergizi.

 

( Picture Source : http://www.whentheygetolder.co.uk )