,

TIPS BERMAIN DENGAN ANAK

Pekerjaan anak-anak memang bermain, namun perlu diperhatikan bagaimana kita sebagai orangtua yang sibuk tetap dapat bermain dengan anak. Dalam aktivitas bermain, harus didukung dengan beberapa faktor antara lain adalah lingkungan serta orang tuayang membantu mereka dalam bermain. Berikut ini beberapa tips bermain dengananak yang dapat dipraktikan bersama kita, orang tua;

1. Anak-anak sering melakukan eksplorasi, maka permainan basah dan kering dapat menjadi alternatif untuk mendorong semangat anak dalam hal rasa ingin tahu. Cobalah permainan air yang menstimulus pikiran, seperti pelajaran fisika. Ketika ember berisi air lalu dimasukan ke air akan seperti apa, dan jika ember kosong masuk ke air akan seperti apa.

2. Setiap anak harus memiliki kesempatan untuk bermain di tempat yang ramah terhadap anak. Apabila didalam rumah, matikan televisi dan pastikan barang pecah belah tidak berada disekitarnya. Kata-kata seperti “ambil”, “sedang apa”, “kenapa tuhbegitu”, akan menstimulus anak untuk berpikir sebab akibat. Dan jangan lupa tetap mengarahkan anak.

3. Jangan memaksanya adalah kunci utama. Keteraturan rumah memang membuat indah dan biasanya orang tua malas untuk merapihkan kembali apabila sudah di acak-acak oleh anak. Oleh karena itu, beri ruang yang nyaman dan tidak membuat anda repot. Perluaslah wilayah bermain anak agar dapat mengeksplor lebih dalam terhadap apa yang dia mainkan.

4. Carikanlah teman untuk bermain. Beberapa kali boleh bermain sendirian, namun ada baiknya bersama teman agar melatih sosial anak dan dapat belajar lebih banyak.

5. Ubah pemandangannya. Jika biasanya ia bermain hanya di ruang tivi, ruang tidur ataupun ruang keluarga. Cobalah sesekali ajak bermain di taman, untuk menciptakan suasana bermain yang baru.

6. Cobalah dengan permainan tradisional. Permainan seperti stik, bola, sepeda roda tiga akan lebih membuat anak berpikir dan belajar lebih dalam lagi.

7. Memainkan sebuah drama, ada hal yang dapat Anda eksplore terhadap jiwa imajinasi anak anda. Ajak lah ia untuk berfantasi, misalnya sedang mengendarai mobil atau motor.Dengan begitu anda juga dapat melihat sejauh mana daya khayalnya dan melatih daya ingat.

8. Tak kalah penting lainnya adalah mendorong anak untuk baca. Biasanya ini diajarkan atau diterapkan orang tua ketika anak hendak masuk sekolah, namun ada baiknya dari jauh-jauh hari ia diajarkan terbiasa melihat dan membaca buku agar tidak kaget dan tidak malas.

9. Mengumpulkan kotak dengan ukuran yang berbeda dan memasukan ke tempat yang sudah tersedia memang permainan balita. Namun apabila sudah terbiasa dengan hal ini, daya ingatnya akan lebih terasah dan dapat belajar tentang ukuran juga.

10. Biarkan mereka menjadi anak-anak. Terkadang orang tua malas untuk mengajak ngobrol anak. Hal pertama yang membuat malas adalah topik perbincangan, namun ini perlu digaris bawahi bahwa dengan hal ini anak akan merasa diperhatikan dan didengar segala cerita dan perkataannya.

 

( Picture Source : http://www.yourneighborhoodtoystore.org )