,

Sajian Tempura ala Jepang: Bukan “Gorengan” Biasa

Anda suka menikmati hidangan Jepang? Rasa-rasanya kata tempuratidaklah asing buat anda. Mendengar kata tersebut, anda langsung membayangkansepotong udang dengan ukuran besar yang dibalut dengan adonan tepung dandigoreng hingga renyah. Hmm… memikirkannya saja sudah membuat air liur menetesnih.

Namun sejatinya tempura tidak melulu udang saja. Di negara asalnya,isian tempura tidak hanya udang saja lho. Beragam jenis sayuran dan daging bisadijadikan tempura. Nah, ciri khas tempura ada pada adonannya nih. Adonantempura memiliki karakteristik yaitu encer dan dingin. Oh ya, dalam adonantempura tidak menggunakan telur nih. Jika adonan tempura tidak ditambahkan airdingin, maka jadilah karaage. Jikaadonan tempura ditambahkan bubuk roti, maka jadilah furai. Sampai disini anda tidak kebingungan kan?

Kembali bahas tempura saja ya. Bagi orang Indonesia yang pertama kalimenikmati hidangan ini, yang langsung kebayang tentu sajian gorengan yang biasadijajakan di pinggir jalan. Secara kasat mata kedua sajian tersebut memangmirip. Perbedaannya ada di adonan dan cara memasaknya. Adonan encer yangdigoreng dalam minyak panas dalam waktu sebentar membuat tekstur tempuramenjadi mengembang renyah di luar namun tetap mempertahankan rasa bahan yangada di dalamnya.

Tapi anda harus ingat, batasilah konsumsi tempura alias makanlah dalamjumlah yang tidak berlebihan. Segala makanan yang digoreng dengan minyak tentumemiliki kalori yang tinggi. Jika tidak ingin terlalu was-was, pilihlah tempurayang berisi sayuran saja.

Namun tempura dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik pula.Tentunya karbohidratnya berasal dari adonan tepung yang digunakan. Selainkarbohidrat, kandungan protein dalam tempura pun cukup baik, terutama jikaisiannya dari penghuni laut seperti udang, cumi, atau ikan. Jika isiannya darisayur? Tentunya tempura tersebut mengandung banyak serat alami.

Di Indonesia sudah banyak sekalirestoran Jepang yang menyajikan hidangan tempura. Namun jika ada ingin mencobatempura dengan rasa otentik dari Jepang, anda dapat menyambangi Restoran TenyaTendon Tempura di Grand Indonesia lantai 3. Restoran yang memang spesialis tempura ini telah tersebar di berbagainegara! Selain tempura, anda juga dapat menikmati sajian khas negeri Sakuralainnya seperti Soba dan Udon.

http://grand-indonesia.com/site/map?id=374