,

Nongkrong a la Orang Perancis di Brasserie

Brasserie mungkin belum lazim di Indonesia, dan mungkin sulit bagi Anda membedakan dengan tempat makan biasa adalah kebiasaannya terus menawarkan makanan sepanjang hari dengan layanan yang cepat, dengan taplak meja, waiter berseragam berkeliling membawa baki, menyediakan bir, maka itu adalah sebuah brasserie.

Brasserie yang pada awalnya muncul di Perancis ini memiliki variasi makanan yang disediakan beragam dan elegan. Meski telah banyak perubahan dalam konsep brasserie dan sudah tersebut ke berbagai belahan dunia, namun menghabiskan waktu untuk makan di brasserie dapat membangkitkan nostalgia akan sesuatu yang glamor, karena brasserie sendiri muncul di masa-masa paling romantis di Paris. 

Meski terdengar sangat elit dan mahal, nyatanya brasserie merupakan jenis tempat makan dengan harga terjangkau, meski makanan mereka menggunakan bahan-bahan yang mahal, selalu ada paket makanan murah setiap harinya. Ini terjadi karena brasserie di Paris pada awalnya diciptakan oleh para pengungsi pada masa peperangan di Alsace-Lorraine. Karena peperangan, wilayah tersebut kerap berganti kependudukan antara Perancis dan Jerman dan orang-orang Alsace datang ke Paris untuk membuka tempat minum bir beserta makanan, yang pada akhirnya tempat-tempat seperti ini menjadi tempat di mana orang-orang Paris menghabiskan waktu untuk makan, merokok, dan minum. Ini sebabnya di brasserie selalu ada makanan khas daerah Alsace yang dibawa oleh penemunya ke Paris.

Untuk mendapatkan pengalaman menghabiskan waktu untuk makan a la orang Paris, kunjungi Union Deli Brasserie, Bakery and Bar di Grand Indonesia East Mall Ground Floor dan nikmati sajian khas brasserie.

Sumber: http://www.theguardian.com/lifeandstyle/2013/jan/16/praise-brasserie-new-york-balthazar