,

Merawat Kulit Agar Tetap Segar

Memiliki kulit yang segar tentu merupakan dambaan semua orang, tapi apakah hal tersebut bisa dicapai jika kita memiliki banyak aktivitas yang berlawanan dengan kesehatan kulit? Tentu bisa, asalkan kita meluangkan waktu untuk merawat kulit kita agar tetap segar. Ada beberapa tips untuk mendapatkan kulit segar sepanjang hari seperti dikutip dari laman majalah Femina seperti berikut ini:

Minum air putih 8 gelas sehari atau lebih jika aktivitas Anda melelahkan dan berada di tempat yang panas untuk membantu proses pengeluaran toksin, melembabkan dan menjaga tekstur kulit.

Menjaga asupan makanan dengan memperbanyak makan alpukat, semangka dan sayuran seperti bayam dan labu, serta yang mendangung asam lemak omega 3 dan antioksidan karena nutrisi tersebut dapat menghasilkan minyak alami tubuh dan melindungi kulit dari radikal bebas. Anda juga dapat menambahkan konsumsi suplemen multivitamin serta pastikan Anda mengurangi konsumsi minuman soda, kopi dan alkohol.

Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi air hangat selama tidak lebih dari lima menit untuk membuka pori-pori kulit dan melancarkan peredaran darah agar minyak alami tubuh tidak ikut terbuang dan menghindarkan kulit kering dan kesat. Untuk menutup pori-pori, bilas tubuh dengan air dingin.

Gunakan produk mandi yang mengandung moisturizer, dan sabun cair atau gel berbahan dasar alami baik untuk mengembalikan kondisi kulit yang lelah. Saat mandi, selingi dengan pijatan ringan agar kulit dapat lebih sempurna menyerap pelembab yang terdapat dalam sabun.

Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Bagi kita yang tinggal di negara tropis, pelembab yang mengandung air lebih cocok. Perhatikan kandungan pendukung lainnya yang dapat meningkatkan kadar air dalam kulit seperti gliserin, urea, asam hyaluronat, ceramide, kolagen, protein, asam amino, glukosa maupun glikogen. Jika kulit Anda berminyak, gunakan pelembab yang oil free. Kandungan minyak berlebih dapat menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Sementara itu jika kulit Anda cenderung kering, Anda dapat menggunakan pelembab dengan kandungan minyak zaitun, jojoba atau alpukat untuk menutrisi kulit.

Gunakan perlindungan kulit dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari matahari yang menyebabkan radikal bebas. Selain itu, tabir surya juga dapat menghindari kulit Anda dari flek dan kerutan.

Sebelum tidur, Anda dapat menggunakan krim malam yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah agar regenerasi dapat terjadi dengan efektif. Oleskan juga hand & body lotion pada tubuh, tangan dan kaki untuk menjaga kelembaban pada kulit saat tidur.

Gunakan pakaian berbahan katun atau linen agar kulit dapar bernafas dengan baik. Bahan-bahan tersebut juga mengurangi risiko alergi pada kulit yang biasanya dipicu oleh bahan seperti wool, polyester dan lurex.

Kurangi frekuensi cuci muka karena dapat menyebabkan kulit kering. Gunakan sabun pencuci muka setelah selesai melakukan aktivitas atau sebelum tidur, dan selingi dengan membasuh muka dengan air dingin untuk menjaga minyak alami kulit.

Untuk menjaga agar kulit tetap segar dan tidak kusam, Anda dapat memberikan nutrisi lebih dengan perawatan ekstra menggunakan masker. Saat mandi sore atau malam sebelum tidur, Anda dapat membuat masker Anda lebih menyerap nutrisi dengan cara menjaga tubuh tetap rileks  Hal tersebut dapat menjadi cara relaksasi paling nyaman di penghujung hari.

Konsultasikan masalah kulit Anda kepada ahlinya, Anda juga dapat mengunjungi Nano Philosophy, Grand Indonesia West Mall lantai 3 Unit 18 untuk mendapatkan perawatan kulit terbaik. Dengan perawatan terbaik, dijamin Anda akan mendapatkan kulit yang segar dan sehat seperti yang Anda harapkan.

Sumber: http://www.femina.co.id/cantik/beauty.tips/agar.segar.sepanjang.hari/002/005/93