,

Mainan Pertama untuk si Kecil

Anak Anda akan senang jika dirangsang dengan permainan yang dapat menghibur mereka. Dan rangsangan akan mainan biasanya muncul di saat mereka masih bayi. Mainan terbaik bagi mereka adalah yang mendemonstrasikan prinsip sebab-akibat dalam kemasan lucu dan ceria. Mainan yang memberi respons berupa gerak atau suara setiap terjadi interaksi dengan bayi Anda. Menurut psikolog dan play therapist dari Universitas Indonesia, Dra. Mayke Tedjasaputra, MSi, pada saat pertama kali bayi mengetahui bahwa dia bisa berbuat sesuatu, maka dia akan sangat tertarik.

Beberapa mainan yang populer untuk dimainkan oleh bayi seperti dikutip dari laman Parents Indonesia adalah:

Rattles: Mainan ini akan mengeluarkan suara gemerincing jika digoyangkan dan akan berubah tergantung seberapa cepat goyangan tersebut dilakukan.

Mainan yang jika dipencet mengeluarkan bunyi: Dengan suara yang dikeluarkan, serta tekstur dan lekuk-lekuk mainan tersebut, bayi akan tertarik, terlebih dengan yang bentuknya dapat berubah-ubah.

Bola dengan lonceng di dalam: Gerakan yang muncul saat bola digerakkan akan mengeluarkan suara gemerincing, dan semakin keras bola digerakkan, suaranya akan semakin kencang, dan dapat menarik perhatian bayi.

Mainan Pop-Up: Untuk merangsang indera pendengaran dan penglihatan sang bayi, akan sangat cocok menggunakan mainan pop-up karena setiap gerakan akan memunculkan respons tertentu.

Mainan tarik dan dorong: Untuk merangsang indera peraba, penglihatan, dan pendengaran mainan jenis tarik dan dorong ini cocok untuk bayi berusia 9-12 bulan karena dapat membantu anak merangkak, berjalan, dan berlari.

Mainan yang mengeluarkan suara musik ketika talinya ditarik: Mainan seperti ini dapat diperkenalkan kepada bayi sejak ia masih sangat kecil untuk ditaruh di tempat tidurnya. Dan jika sudah mulai agak besar, dia bisa menarik sendiri talinya dan menikmati sensasi musik yang keluar dari mainan tersebut.

Mainan di activity center: jika sudah memasuki usia 10 bulan, kebanyakan dapat menggunakan mainan di activity center seperti memutar telepon, membunyikan lonceng, dan menekan tombol, dan akan membuat sang bayi anteng serta tidak bosan.

Berbagai jenis mainan di atas membantu anak mengembangkan kekuatan diri, setiap gerakan, suara, reaksi dari mainannya akan merangsang penginderaannya untuk lebih baik. Untuk pertama kali, bayi Anda menyadari bahwa tindakannya dapat berpengaruh terhadap dunia di sekelilingnya.

Untuk mendapatkan permainan yang sesuai untuk usia anak-anak Anda, kunjungilah Toys Kingdom di Grand Indonesia Mall Lantai 5 dengan berbagai macam pilihan yang dapat Anda bawa pulang.

Sumber: http://parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=babies&id=333