,

8 Tips Berlari di Tengah Hujan

Anda hobi olahraga lari? Bagi sebagian orang, lari dapat dilakukan kapan saja, asal fisik memungkinkan untuk melakukannya. Namun sebagian lain, menganggap cuaca dapat menjadi alasan untuk tidak berolahraga, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini. Cuaca hujan memang membuat olahraga lari menjadi terhambat, namun ada beberapa tips bagaimana Anda bisa tetap berlari santai di tengah hujan.

Gunakan Tutup Kepala atau Topi

Gunakan topi yang memiliki pinggiran sehingga air tidak akan mengenai wajah Anda di saat hujan.

Berpakaian Berlapis Jika Dingin

Berpakaian secara double untuk melindungi Anda dari hawa dingin. Yang terpenting adalah lapisan yang paling dekat dengan kulit, agar menggunakan bahan yang mampu membuang keringat dan air. Dan gunakan jaket atau rompi anti angin dan air, jangan gunakan jas hujan karena melembabkan dan panas.

Jangan Berpakaian Terlalu Tebal

Meski terkadang cuaca dingin, berpakaian terlalu tebal justru akan membuat Anda menjadi berat karena air menyerap ke dalam kain pakaian Anda. Selain itu menggunakan pakaian berlapis tidak membuat tubuh Anda kering kecuali Anda menggunakan payung. Berpakaian sesuai suhu di luar.

Hindari Lecet pada Kulit

Berlari di tengah hujan akan memicu gesekan-gesekan dan luka pada kulit karena kulit dan pakaian yang Anda genakan akan basah dan bergesekan sehingga menimbulkan lecet pada kulit. Gunakan krim atau roll on anti lecet pada kulit-kulit yang rentan lecet akibat gesekan di kaki, paha bagian dalam, di bawah lengan, pada garis bra (wanita), puting (pria).

Gunakan Warna Cerah

Hujan dapat membatasi jarak pandang, dan gelap karena mendung. Dengan menggunakan warna cerah sebagai pakaian lari Anda, Anda dapat menjaga diri tetap terlihat untuk keselamatan Anda sendiri.

Lindungi Gadget Anda

Jika Anda terbiasa berlari sambil mendengarkan musik atau aplikasi running tracker, masukkan ke dalam ziplock atau wadah anti air.

Berlarilah!

Bagian tersulit untuk lari di tengah hujan adalah, memulainya! Namun di saat Anda memulai pemanasan dan lari, nyatanya akan sangat menyenangkan.

Keringkan Sepatu Anda

Terakhir, jangan lupa keringkan sepatu Anda setelah berlari di tengah hujan. Masukkan kertas koran yang telah digulung ke dalam sepatu Anda untuk menghindari sepatu Anda dari lembab dan menjaga bentuk sepatu Anda selama masa pengeringan.

Peralatan untuk berolahraga lari bisa Anda dapatkan di Sports Station Grand Indonesia, Skybridge Lantai 2 Unit 2-3. Perlengkapan lari dari kepala sampai kaki lengkap tersedia di gerai Sports Station, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk berlari dalam kondisi apapun, terlebih di musim hujan seperti sekarang.

Sumber: http://running.about.com/od/coldweatherrunning/tp/rainyrunstips.htm