,

5 Tempat Surfing Yang Harus Anda Jajal

Bentuknya yang berupa kepulauan membuat Indonesia punya lokasi surfing terbaik yang tak ada habisnya. Hampir setiap daerah punya lokasi andalan yang harus Anda jajal saat mengunjunginya. Berikut lima lokasi surfing yang patut Anda coba tahun ini.

Kepulauan Mentawai

Kepulauan ini menawarkan pengalaman berselancar kualitas dunia. Jumlah wisatawan yang datang pun membengkak setiap tahunnya, terutama pada bulan Maret dan November. Ombaknya bervariasi, mulai dari 60 cm hingga 3 meter.

Di pulau ini, peselancar punya kesempatan mendapat ombak sempurna sebanyak 91%. Lebih besar dibanding lokasi surfing, seperti Australia (80%) bahkan Hawaii (76%). Satu hal lagi yang jadi daya tarik Mentawai bagi surfer mancanegara adalah suhu airnya yang hangat.

Pulau Panaitan          

Pulau yang terletak di lepas pantai provinsi Jawa Barat ini memiliki 7 titik surfing terbaik. Diantaranya spot legendaris: One Palm dan Apocalypse. Pulau yang masih menjadi bagian Taman Nasional Ujung Kulon ini juga pernah tercatat memiliki ombak terpanjang yang mencapai 732 m.

Sumbawa

Selain Desert Point, ada beberapa spot berselancar lainnya yang bisa dikunjungi saat mampir ke Sumbawa. Diantaranya adalah Lakey Peak dan Periscope yang punya ombak luar biasa yang biasanya ada antara bulan April dan September.

Pulau Nias

Spot berselancar terbaik di Nias adalah Lagundri Bay dengan ombanknya yang mencapai 60 cm sampai 4 meter. Dibanding spot lain, ombak di Lagundri Bay lebih bersahabat untuk pemula. Terdapat banyak batu karang namun tidak begitu berbahaya. Dan karena terletak di daerah kepulauan, gugus pulau ini juga menawarkan panorama yang luar biasa.

Grajagan Island

Pulau yang dikenal dengan sebutan G-Land ini adalah tempat yang menakjubkan untuk berselancar. Bagi kebanyakan peselancar, alam Grajagan yang masih “perawan” dan ombak yang sempurna merupakan paduan yang tak ada duanya.

Nah, sebelum berangkat liburan, penuhi kebutuhan busana Anda untuk bersenang-senang saat “mantai” di Hurley, Grand Indonesia yang terletak di lantai 2 East Mall.