,

3 Mainan untuk Mengembangkan Intelektual Anak

Saat anak menginjak usia 2 tahun, penting untuk ayah dan bunda mengajarkan permainan dasar yang dibutuhkan untuk mengembangkan intelektual anak. Ini akan melatih kemampuan anak untuk belajar hal baru dan memecahkan masalah, semua itu bisa diasah sejak dini melalui berbagai aktivitas atau permainan.

Berikut ini ada 3 akat bantu yang bisa melatih anak mengembangkan intelektualnya:

1.         Balok

Balok merupakan salah satu permainan anak yang bermanfaat untuk aspek kognitif, motorik, dan meningkatkan kecerdasan emosi anak (EQ). Dari permainan balok ini, anak dapat belajar konsep matematika dasar dan teknik memecahkan masalah. Penelitian menunjukkan anak yang belum masa sekolah tetapi sudah mahir bermain balok berefek memiliki tingkat matematika dan nilai tes lebih tinggi saat mereka di sekolah dasar dibandingkan dengan mereka yang tidak mahir bermain balok.

2.         Bola

Bermain bola juga akan melatih anak berkonsentrasi. Mengapa? Fokus mata anak akan mengikuti kemana arah bola akan menggelinding. Semakin besar, anak akan mengejar bola yang menggelinding dan mereka akan berpikir ke arah mana dan sejauh mana bolanya akan menggelinding, hal ini akan membantu anak berpikir secara logika dan melatih koordinasi otak, mata, tangan serta kemampuan berhitung.

3.         Cangkir

Saat anak bermain cangkir bertumpuk, hal ini akan melatih anak dalam melatih kemampuan matematika dan logika. Dia akan belajar mengenai bentuk yang sama yang bisa dijadikan satu, seperti menyusun bahwa cangkir yang lebih kecil bisa dimasukkan kedalam cangkir yang lebih besar. Selain cangkir bertumpuk, anak juga bisa belajar tentang volume dan tekstur dengan bermain cangkir yang diisi dengan pasir atau air.

Itulah 3 alat bantu yang bermanfaat untuk mengembangkan intelektual anak. Balok, bola, dan cangkir memang terlihat sederhana namun ternyata sangat membantu tumbuh kembang anak. Untuk ayah dan bunda yang ingin membelikan mainan kepada anak kesayangan yang bermanfaat untuk pengembangan intelektualnya, Anda bisa langsung mengunjungi Early Learning Center di Grand Indonesia West Mall lantai 2.